TUGAS POKOK DAN FUNGSI

Peraturan Bupati Bone Nomor 81 Tahun 2016 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas Dan Fungsi Serta Tata Kerja Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan.

  • Kepala Dinas
  1. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan mempunyai tugas membantu Bupati dalam melaksanakan urusan pemerintahan bidang Perpustakaan dan Kearsipan yang menjadi kewenagan daerah dan tugas pembantuan yang ditugaskan kepada daerah.
  • Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) menyelenggarakan fungsi :
    1. perumusan kebijaksanaan di bidang pustaka, layanan perpustakaan, pengembangan perpustakaan, pembinaan dan pengelolaan kearsipan;
    2. pelaksanaan kebijaksanaan di bidang pustaka, layanan perpustakaan, pengembangan perpustakaan, pembinaan dan pengelolaan kearsipan;
    3. pelaksanaan monitoring, evalusasi dan pelaporan di bidang pustaka, layanan perpustakaan, pengembangan perpustakaan, pembinaan dan pengelolaan kearsipan;
    4. pelaksanaan administrasi dinas sesuai dengan lingkup tugasnya; dan
    5. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati terkait dengan tugas dan fungsinya.
  • Sekretaris Dinas
  1. Sekretariat Dinas dipimpin oleh sekretaris dinas mempunyai tugas membantu kepala dinas dalam melaksanakan tugas koordinasi di bidang kesekretariatan yang menjadi tanggungjawab kedinasan.
  1. Sekretariat Dinas dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) menyelenggarakan fungsi :
  2. penyusunan program dan anggaran pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan;
  3. pelaksanaan program dan anggaran;
  4. pengoordinasian tugas-tugas pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dan memberikan pelayanan adminsitrasi kepada bidang-bidang lain Dinas Perpustakaan dan Kearsipan;
  5. penyusunan bahan dokumentasi dan statistik, peraturan perundang-undangan, pengelolaan bahan bacaan dan penyelenggaraan kemitraan dengan masyarakat;
  6. penyusunan data, evaluasi dan penyiapan laporan pelaksanaan program kerja kepada kepala dinas;
  7. pelaksanaan urusan ketatausahaan dan rumah tangga;
  8. penyelenggaraan pengelolaan naskah dinas dan kearsipan;
  9. pelaksanaan pembinaan ASN di lingkungan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan; dan
  10. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Dinas terkait tugas dan fungsinya.
  • Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian

Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian  mempunyai tugas :

  1. melaksanakan penerimaan, pendistribusian dan pengiriman surat-menyurat, naskah dinas dan pengelolaan kearsipan;
  2. menyusun rencana formasi, informasi jabatan serta data kepegawaian;
  3. menyelenggarakan urusan administrasi kepegawaian, keprotokolan, kehumasan dan penyiapan rapat-rapat dinas;
  4. membuat usul mutasi, kenaikan pangkat, kenaikan gaji berkala, cuti, pensiun, pemberhentian, izin belajar, kartu pegawai, kartu askes dan pembinaan karir pegawai;
  5. melaksanakan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui program pendidikan dan latihan;
  6. melaksanakan pemeliharaan/perawatan kendaraan dinas, gedung kantor, perlengkapan kantor dan aset lainnya;
  7. menyiapkan penghapusan sarana dan prasarana/perlengkapan/aset;
  8. melaksanakan pembinaan staf; dan
  9. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris terkait tugasnya
  • Kepala Sub Bagian Program

Kepala Sub Bagian Program mempunyai Tugas :

  1. melaksanakan pengumpulan, pengolahan, perencanaan, penyusunan, monitoring, pelaporan dan evaluasi program kerja;
  2. melaksanakan fasilitasi dan penyelarasan program dan penganggaran di lingkungan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan;
  3. melaksanakan dan mengembangkan sistem informasi perpustakaan dan kearsipan;
  4. melaksanakan sosialisasi program di lingkungan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan;
  5. melaksanakan penyusunan laporan tahunan, laporan triwulan, laporan bulanan, laporan pertanggungjawaban dan laporan kinerja;
  6. melaksanakan penyusunan laporan Standar Operasional Pelayanan (SOP);
  7. menyiapkan rencana umum pengadaan;
  8. membuat rencana kerja tahunan; dan
  9. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris terkait tugasnya
  • Kepala Sub Bagian Keuangan

Kepala Sub Bagian Keuangan mempunyai tugas :

  1. menyusun program dan kegiatan bidang keuangan, menyelenggarakan pelayanan administrasi keuangan rutin, melaksanakan pembukuan keuangan, menyusun laporan keuangan rutin, memelihara bahan dan penyelenggaraan dokumen keuangan serta membuat laporan pertanggungjawaban keuangan sesuai dengan peraturan perundang-undangan;
  2. mengidentifikasi dan menginventarisasi sumber-sumber penerimaan dinas;
  3. mengatur dan menjalankan adminsitrasi keuangan sesuai pedoman akuntansi pemerintah dan ketentuan perundang-undangan;
  4. mengawasi dan melaksanakan verifikasi administrasi keuangan;
  5. membina dan mengatur penatausahaan perbendaharaan sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  6. membuat evaluasi pelaporan kemajuan penggunaan anggaran (rencana dan realisasi) secara berkala;
  7. menyusun laporan hasil pelaksanaan tugas di bidangnya; dan
  8. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris Dinas terkait tugasnya.
  • Kepala Bidang Pustaka
  1. Kepala Bidang Pustaka mempunyai mempunyai tugas melaksanakan penyiapan, perumusan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi kebijaksanaan di bidang deposit, konservasi, pengembangan dan pengolahan bahan pustaka.
  1. Bidang Pustaka dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) menyelenggarakan fungsi :
  2. pelaksanaan deposit meliputi penghimpunan, pengelolaan, pendayagunaan karya cetak dan karya rekam, penyusunan bibliografi daerah dan katalog induk daerah serta penyusunan literatur sekunder;
  3. pelaksanaan pengembangan koleksi dan pengolahan bahan perpustakaan meliputi penyusunan kebijakan pengembangan koleksi, seleksi, pengadaan bahan perpustakaan, inventarisasi, pengembangan koleksi daerah (local content), pelaksanaan kajian kebutuhan pemustaka, deskripsi bibliografi, klasifikasi, penentuan tajuk subjek, penyelesaian fisik bahan perpustakaan, verifikasi, validasi, dan pemasukan data ke pangkalan data;
  4. pelaksanaan konservasi melakukan pelestarian fisik bahan perpustakaan termasuk naskah kuno melalui perawatan, restorasi, dan penjilidan serta pembuatan sarana penyimpanan bahan perpustakaan; dan
  5. melaksanakan fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Dinas terkait tugas dan fungsinya;
  • Kepala Seksi Deposit

Kepala Seksi Deposit mempunyai tugas.

  1. menerima, pengumpulan, pengelolaan hasil serah simpan karya cetak dan karya rekam;
  2. menyusun bibliografi daerah dan katalog induk daerah serta literatur sekunder;
  3. melaksanakan pembuatan direktori penerbit;
  4. melaksanakan pemantauan, evaluasi dan tindak lanjut kegiatan serah simpan karya cetak dan karya rekam;
  5. mengumpul, mengelola dan menyimpang bahan perpustakaan kelabu (grey literature);
  6. mengoordinasikan pelaksanaan serah simpan karya cetak dan karya rekam dengan penerbit, perangkat daerah, BUMD, instansi terkait, dan masyarakat; dan
  7. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pustaka terkait tugasnya.
  • Kepala Seksi Koleksi dan Pengolahan Bahan Perpustakaan

Kepala Seksi Pengembangan Koleksi dan Pengolahan Bahan Perpustakaan yang mempunyai tugas :

  1. penyusunan kebijaksanaan pengembangan koleksi;
  2. pelaksanaan hunting, seleksi, inventarisasi, dan desiderata bahan perpustakaan;
  3. pelaksanaan pengembangan koleksi bahan perpustakaan melalui pembelian, hadiah, hibah, dan tukar menukar bahan perpustakaan;
  4. penganekaragaman bahan perpustakaan yang mencakup kegiatan transliterasi (alih aksara), translasi (terjemahan), dan sejenisnya;
  5. penerimaan, pengolahan, dan verifikasi bahan perpustakaan;
  6. penyusunan deskripsi bibliografi, klasifikasi, penentuan tajuk subjek, dan penyelesaian fisik bahan perpustakaan;
  7. pelaksanaan verifikasi, validasi, pemasukan data ke pangkalan data;
  8. penyusunan literatur sekunder; dan
  9. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pustaka terkait tugasnya.
  • Kepala  Seksi Konservasi

Seksi Konservasi dipimpin oleh Kepala Seksi Konservasi yang mempunyai tugas :

  1. pelaksanaan fumigasi bahan perpustakaan;
  2. pelaksanaan kontrol kondisi ruang penyimpanan;
  3. pembersihan debu, noda, dan selotape;
  4. pelaksanaan pemutihan, deasidifikasi, mending, dan filling bahan perpustakaan;
  5. penjilidan dan perbaikan bahan perpustakaan;
  6. pembuatan folder, pamflet binding, dan cover;
  7. pembuatan map dan portepel;
  8. pelaksanaan survey kondisi bahan perpustakaan; dan
  9. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pustaka terkait tugasnya.
  • Kepala Bidang Layanan Perpustakaan

Kepala Bidang Layanan Perpustakaan mempunyai tugas melaksanakan penyiapan, perumusan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi kebijaksanaan di bidang Layanan Perpustakaan.

Bidang Layanan Perpustakaan dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) menyelenggarakan fungsi :

  1. pelaksanaan layanan dan kerja sama perpustakaan meliputi layanan sirkulasi, rujukan, literasi informasi, bimbingan pemustaka, dan layanan ekstensi (perpustakaan keliling, pojok baca, dan sejenisnya), promosi layanan, pelaksanaan kajian kepuasan pemustaka, kerja sama antar perpustakaan dan membangun jejaring perpustakaan;
  2. pelaksanaan alih media melakukan pelestarian isi/nilai informasi bahan perpustakaan termasuk naskah kuno melalui alih media, pemeliharaan serta penyimpanan master informasi digital;
  3. pelaksanaan otomasi perpustakaan meliputi pengembangan teknologi, informasi dan komunikasi perpustakaan, serta pengelolaan website dan jaringan perpustakaan; dan
  4. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Dinas terkait tugas dan fungsinya.
  • Kepala Seksi Layanan dan Kerjasama Perpustakaan

Seksi Layanan dan Kerjasama Perpustakaan yang mempunyai tugas :

  1. mengkoordinasikan penyelenggaraan layanan perpustakaan dengan perangkat daerah, BUMD, instansi terkait dan masyarakat;
  2. menyelenggarakan layanan sirkulasi, layanan informasi, layanan referensi, layanan pinjam antar perpustakaan;
  3. menyelenggarakan layanan ekstensi (perpustakaan keliling);
  4. menyusun statistik perpustakaan;
  5. melaksanakan bimbingan pemustaka;
  6. melaksanakan stock opname dan penyiangan bahan perpustakaan (weeding);
  7. melaksanakan promosi layanan;
  8. menyediakan kotak saran untuk menampung kebutuhan pemustaka terhadap koleksi perpustakaan;
  9. melaksanakan kajian kepuasan pemustaka;
  10. Inisiasi kerja sama perpustakaan;
  11. mengelola dan menyusun naskah perjanjian kerja sama;
  12. mengembangkan dan mengelola kerja sama antar perpustakaan;
  13. mengembangkan dan mengelola kerja sama jejaring perpustakaan; dan
  14. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang layanan perpustakaan terkait tugasnya.
  • Kepala Seksi Otomasi Perpustakaan

Kepala Seksi Otomasi Perpustakaan yang mempunyai tugas :

  1. mengelola dan mengembangkan perangkat keras, lunak, dan pangkalan data;
  2. mengelola dan mengembangkan jaringan otomasi perpustakaan;
  3. mengelola dan mengembangkan website; dan
  4. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang layanan perpustakaan terkait tugasnya.
  • Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan
  1. Bidang Pengembangan Perpustakaan dipimpin oleh Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan yang mempunyai tugas melaksanakan penyiapan perumusan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi Kebijaksanaan di bidang Pengembangan Perpustakaan.
  2. Bidang Pengembangan Perpustakaan dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) menyelenggarakan fungsi :
  3. pelaksanaan pembinaan dan pengembangan perpustakaan meliputi pengembangan semua jenis perpustakaan, implementasi norma, standar, prosedur, dan kriteria (NSPK), pendataan perpustakaan, koordinasi pengembangan perpustakaan, dan pemasyarakatan/ sosialisasi, serta evaluasi pengembangan perpustakaan;
  4. pelaksanaan pembinaan dan pengembangan tenaga perpustakaan meliputi pendataan tenaga perpustakaan, bimbingan teknis, peningkatan kemampuan teknis kepustakawanan, penilaian angka kredit pustakawan, koordinasi pengembangan pustakawan dan tenaga teknis perpustakaan, pemasyarakatan/sosialisasi, serta evaluasi pembinaan tenaga perpustakaan;
  5. pelaksanaan pengembangan pembudayaan kegemaran membaca meliputi pengkajian, dan pelaksanaan pembudayaan kegemaran membaca, koordinasi, pemasyarakatan/ sosialisasi, dan bimbingan teknis serta evaluasi kegemaran membaca; dan
  6. melaksanakan fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Dinas terkait tugas dan fungsinya.
  • Kepala Seksi Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan

Kepala Seksi Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan yang mempunyai tugas :

  1. melaksanakan pembinaan, dan pengembangan perpustakaan;
  2. mengimplementasikan norma, standar, prosedur, dan kriteria (NSPK);
  3. melaksanakan pendataan perpustakaan;
  4. melaksanakan koordinasi pengembangan perpustakaan;
  5. melaksanakan sosialisasi, dan evaluasi pengembangan perpustakaan; dan
  6. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan terkait tugasnya.
  • Kepala Seksi Pembinaan dan Pengembangan Tenaga Perpustakaan

Kepala Seksi Pembinaan dan Pengembangan Tenaga Perpustakaan yang mempunyai tugas :

  1. melaksanakan pendataan tenaga perpustakaan;
  2. melaksanakan bimbingan teknis, peningkatan kemampuan teknis kepustakawanan;
  3. menilai angka kredit pustakawan;
  4. melaksanakan koordinasi pengembangan pustakawan dan tenaga teknis perpustakaan;
  5. melaksanakan sosialisasi;
  6. melaksanakan evaluasi pembinaan tenaga perpustakaan; dan
  7. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan terkait tugasnya.
  • Kepala Seksi Pengembangan Pembudayaan Kegemaran Membaca

Seksi Pengembangan Pembudayaan Kegemaran Membaca yang mempunyai tugas :

  1. melaksanakan pengkajian minat baca masyarakat;
  2. melaksanakan pembudayaan kegemaran membaca,
  3. mengkoordinasikan pemasyarakatan/ sosialisasi pembudayaan kegemaran membaca;
  4. melaksanakan bimbingan teknis;
  5. mengevaluasi pembudayaan kegemaran membaca; dan
  6. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan terkait tugasnya.
  • Kepala Bidang Pembinaan Kearsipan

Bidang Pembinaan Kearsipan dipimpin oleh Kepala Bidang Pembinaan Kearsipan yang mempunyai tugas melaksanakan penyiapan perumusan kebijaksanaan teknis, pembinaan dan pelaksanaan kebijaksanaan di bidang Pembinaan Kearsipan.

Bidang Pembinaan Kearsipan dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) menyelenggarakan fungsi :

  1. penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis pembinaan kearsipan;
  2. pembinaan kearsipan pada OPD;
  3. pembinaan kearsipan pada perusahaan, Ormas/ Orpol, dan masyarakat;
  4. pembinaan kearsipan pada lembaga pendidikan; dan
  5. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Dinas terkait tugas dan fungsinya.
  • Kepala Seksi Pembinaan Organisasi Perangkat Daera (OPD)

Kepala Seksi OPD  yang mempunyai tugas :

  1. melaksanakan bimbingan, supervisi, dan konsultasi pelaksanaan kearsipan pada OPD dan lembaga kearsipan daerah kabupaten/kota;
  2. melaksanakan sosialisasi kearsipan pada OPD dan lembaga kearsipan daerah kabupaten/kota;
  3. melaksanakan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kearsipan pada OPD dan lembaga kearsipan daerah kabupaten/kota; dan
  4. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pembinaan Kearsipan terkait tugasnya.
  • Kepala Seksi Pembinaan Perusahaan, Ormas/Orpol dan Masyarakat

Kepala Seksi Pembinaan Perusahaan, Ormas/Orpol dan Masyarakat yang mempunyai tugas :

  1. melaksanakan bimbingan, supervisi, dan konsultasi pelaksanaan kearsipan pada perusahaan, ormas/orpol dan masyarakat;
  2. melaksanakan sosialisasi kearsipan pada perusahaan, ormas/orpol dan masyarakat;
  3. melaksanakan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kearsipan pada perusahaan, ormas/orpol dan masyarakat; dan
  4. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pembinaan Kearsipan terkait tugasnya.
  • Kepala Seksi Pembinaan Lembaga Pendidikan

Kepala Seksi Pembinaan Lembaga Pendidikan yang mempunyai tugas :

  1. melaksanakan bimbingan, supervisi, dan konsultasi pelaksanaan kearsipan pada lembaga pendidikan;
  2. melaksanakan sosialisasi kearsipan pada lembaga pendidikan;
  3. melaksanakan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kearsipan pada lembaga pendidikan; dan
  4. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pembinaan Kearsipan terkait tugasnya.
  • Kepala Bidang Pengelolaan Kearsipan

Bidang Pengelolaan Kearsipan dipimpin oleh Kepala Bidang Pengelolaan Kearsipan yang mempunyai tugas melaksanakan penyiapan perumusan kebijaksanaan teknis pengelolaan, dan pelaksanaan kebijaksanaan di bidang Pengelolaan Kearsipan.

Bidang Pengelolaan Kearsipan dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) menyelenggarakan fungsi :

  1. penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis pengelolaan arsip dinamis dan arsip statis serta layanan dan pemanfaatan kearsipan;
  2. pengelolaan arsip vital dan asset nasional;
  3. pengelolaan arsip inaktif;
  4. pelaksanaan akuisisi arsip statis;
  5. pelaksanaan pengolahan arsip statis;
  6. pelaksanaan preservasi arsip statis;
  7. pelaksanaan alih media dan reproduksi arsip dinamis dan arsip statis;
  8. pelaksanaan layanan informasi kearsipan;
  9. pelaksanaan pemanfaatan arsip statis;
  10. pelaksanaan jasa kearsipan; dan
  11. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Dinas terkait tugas dan fungsinya.
  • Kepala Seksi Pengolahan Arsip Dinamis

Kepala Seksi Pengolahan Arsip Dinamis  yang mempunyai tugas :

  1. melaksanakan identifikasi arsip vital dan arsip aset nasional;
  2. melaksanakan pelindungan dan pengamanan arsip vital dan arsip aset nasional;
  3. melaksanakan penyelamatan arsip vital dan arsip aset nasional;
  4. melaksanakan pemindahan arsip inaktif;
  5. melaksanakan penataan arsip inaktif;
  6. melaksanakan pemeliharaan dan penyimpanan arsip inaktif;
  7. melaksanakan alih media dan reproduksi arsip vital, arsip aset, dan arsip inaktif; dan
  8. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pengelolaan Kearsipan terkait tugasnya.
  • Kepala Seksi Pengolahan Arsip Statis

Kepala Seksi Pengolahan Arsip Statis yang mempunyai tugas :

  1. melaksanakan monitoring, penilaian dan verifikasi terhadap fisik arsip dan daftar arsip;
  2. melaksanakan persiapan penetapan status arsip statis;
  3. melaksanakan persiapan penyerahan arsip statis;
  4. menerima fisik arsip dan daftar arsip;
  5. melaksanakan penataan informasi arsip statis;
  6. melaksanakan penataan fisik arsip statis;
  7. menyusun guide, daftar, dan inventaris arsip statis;
  8. melaksanakan penataan, penyimpanan, pemeliharaan, dan pelindungan arsip statis;
  9. melaksanakan perawatan dan perbaikan arsip statis serta penyelamatan arsip statis akibat bencana;
  10. melaksanakan alih media dan reproduksi arsip statis;
  11. melaksanakan pengujian autentisitas arsip statis; dan
  12. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pengelolaan Kearsipan terkait tugasnya.
  • Kepala Seksi Layanan dan Pemanfaatan Kearsipan

Kepala Seksi Layanan dan Pemanfaatan Kearsipan yang mempunyai tugas :

  1. melaksanakan penyajian arsip menjadi informasi;
  2. melaksanakan layanan arsip dinamis;
  3. melaksanakan layanan arsip statis;
  4. mengelola JIKN;
  5. mengelola pengaduan masyarakat;
  6. melaksanakan penelusuran arsip statis;
  7. menyiapkan bahan dalam rangka penerbitan naskah sumber arsip;
  8. melaksanakan pameran arsip statis;
  9. melaksanakan layanan jasa sistem dan penataan arsip;
  10. melaksanakan layanan jasa pembuatan sistem manual kearsipan dan otomasi kearsipan;
  11. melaksanakan layanan jasa penyimpanan arsip;
  12. melaksanakan perawatan dan reproduksi arsip; dan
  13. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pengelolaan Kearsipan terkait tugasnya.