Pekan Perpustakaan dan Wisata Baca Tahun 2018!! Kab. Bone Menyabet 3 Juara

Dispeka, Rabu 25/07/2018,- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan mengadakan Pekan Perpustakaan dan Wisata Baca Tahun 2018 yang diselenggarakan pada tanggal 23 Juli – 28 Juli 2018 dengan tema “Kebangkitan Literasi Menuju Sulsel Cerdas dan Sejahtera” di Gedung Perpustakaan Multimedia, Jl. Sultan Alauddin Km7, Makassar.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bone yang ikut berpartisipasi memamerkan Buku Muatan Lokal (LA GALIGO) dan Kerajinan Lokal Kab. Bone (Songko To Bone).

Sureq Galigo, atau Galigo, atau disebut juga La Galigo adalah sebuah epik mitos penciptaan dari peradaban Bugis di Sulawesi Selatan (sekarang bagian dari Republik Indonesia) yang ditulis di antara abad ke-13 dan ke-15 dalam bentuk puisi bahasa Bugis kuno, ditulis dalam huruf Lontara kuno Bugis. Puisi ini terdiri dalam sajak bersuku lima dan selain menceritakan kisah asal usul manusia, juga berfungsi sebagai almanak praktis sehari-hari.

SONGKOK TO BONE Songkok Recca’ terbuat dari serat pelepah daun lontar dengan cara dipukul- pukul (dalam bahasa Bugis : direcca-recca) pelepah daun lontar tersebut hingga yang tersisa hanya seratnya. Serat ini biasanya berwarna putih, akan tetapi setelah dua atau tiga jam kemudian warnanya berubah menjadi kecoklat-coklatan. Untuk mengubah menjadi hitam maka serat tersebut direndam dalam lumpur selama beberapa hari.

Juara 2 Lomba Pidato (tingkat SLTP)

Selain pameran Pekan Perpustakaan juga di meriahkan dengan berbagai lomba, diantaranya :
1. Lomba Cerdas Cermat (tingkat SMA/SMK Sederajat)
2. Lomba Sinopsis (tingkat SMA/SMK Sederajat)
3. Lomba Pidato (tingkat SLTP)
4. Lomba Baca Estapet (tingkat SD/MI)
5. Lomba Kolase (TK/PAUD)

Sekolah Islam Athirah Bone yang mewakili Kabupaten Bone berhasil menyabet juara diantaranya Juara 2 Lomba Pidato (tingkat SLTP), Juara 3 Cerdas Cermat (tingkat SMA/SMK Sederajat), Juara 3 Lomba Sinopsis.