Pekan Perpustakaan dan Wisata Baca Tahun 2018 Sebentar Lagi Selesai

Dispeka, Jumat 27/07/2018,- Berhubung akan berakhirnya Pameran Pekan Perpustakaan dan Wisata Baca Tahun 2018 yang diadakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Prov. Sulsel di Gedung Perpustakaan Multimedia, Jl. Sultan Alauddin Km7, Makassar.

Stand Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bone di serbu pengunjung dari kalangan pelajar, selain melihat produk yang dipamerkan berupa buku muatan lokal (LA GALIGO) dan Kerajinan Lokal Kab. Bone (Songko To Bone) mereka juga melihat-lihat pajangan Raja2raja Bone dari masa ke masa .

Pekan Perpustakaan dan Wisata Baca Tahun 2018 dengan tema “Kebangkitan Literasi menuju Sulsel Cerdas dan Sejahtera” dinilai sangat bermanfaat bagi masyarakat karena dengan wisata baca ini pihak-pihak terkait bisa lebih mendekatkan dan mengenalkan buku-buku lokal dari daerah mereka masing-masing seperti halnya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Bone memperkenalkan buku La Galigo.

Sureq Galigo, atau Galigo, atau disebut juga La Galigo adalah sebuah epik mitos penciptaan dari peradaban Bugis di Sulawesi Selatan (sekarang bagian dari Republik Indonesia) yang ditulis di antara abad ke-13 dan ke-15 dalam bentuk puisi bahasa Bugis kuno, ditulis dalam huruf Lontara kuno Bugis. Puisi ini terdiri dalam sajak bersuku lima dan selain menceritakan kisah asal usul manusia, juga berfungsi sebagai almanak praktis sehari-hari.

Kegiatan yang berlangsung selama sepekan ini diikuti oleh Dinas Perpustakaan Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Selatan, perpustakaan kampus, penerbit buku yang memasang stand pameran.