Dispeka Dukung Implementasi Aplikasi E-Arsip dengan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD)

Dispeka, Selasa 28/08/18,- Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) mengadakan Bimtek mengenai penerapan Aplikasi E-Arsip berbasis SIKD serta penyerahan aplikasi E-Arsip dengan tema “Pendampingan dan Penyerahan Aplikasi E-Arsip dengan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) Pada Pemerintah Daerah Kabupaten Bone” di Wisma Tirta Kencana Jl. Kajaolaliddong No. 63 yang dilaksanakan pada tanggal 28 s.d 29 Agustus 2018.

Muhammad Ihwan, Kasubdit Daerah I yang menjadi Narasumber mengenai Pengantar Kearsipan dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) menyampaikan bahwa kegiatan Bimtek ini menjadi bagian dari kebijakan dan kegiatan pembinaan ANRI seiring dengan perkembangan TIK serta mengingatkan bahwa pentingnya arsip bagi sistem pemerintahan.

Muhammad Ihwan pun lebih lanjut menyampaiakn bahwa pelaksanaan Bimtek ini memiliki empat tujuan, yakni, meningkatkan keterampilan dan pengetahuan di bidang kearsipan khususnya merubah cara konvensional menjadi berbasis TIK, mencapai kesepahaman dan kesamaan sudut pandang tentang kearsipan, menciptakan SDM yang kompeten di bidang kearsipan dan membangun sistem kearsipan yang mampu menyediakan arsip yang cepat, akurat dan user friendly.

Kemajuan teknologi komunikasi dan informasi yang pesat serta potensi pemanfaatannya secara luas, membuka peluang bagi pengaksesan, pengelolaan dan pendayagunaan informasi dalam penyelenggaraan kearsipan. Selain itu juga pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi akan meningkatkan efisiensi, efektifitas, transparansi dan
akuntabilitas penyelenggaraan kearsipan.

Pengelolaan arsip elektronik yang baik akan menjamin ketersediaan bukti keputusan serta kegiatan pemerintah, menunjukkan pemenuhan akuntabilitas pencipta arsip, mendukung fungsi dan tugas melalui penciptaan arsip yang andal serta dapat digunakan, berkontribusi terhadap efisiensi dan efektivitas kegiatan, serta mengurangi risiko dengan menjamin bahwa arsip yang tepat diciptakan untuk mempertahankan kinerja dan kontinuitas kegiatan.

Selain Muhammad Ihwan selaku narasumber pertama, Arsiparis Madya Dra.Satriani yang sebagai narasumber kedua menjelaskan mengenai Penerapan 4 Instrumen Pengelolaan Arsip Dinamis (PAD) Berbasis SIKD di Kab. Bone.

Dra. Satriani mengungkapkan, ada empat instrumen yang sifatnya wajib dalam sebuah pengelolaan arsip. Keempat instrumen itu adalah: (1) Tata Naskah Dinas; (2) Jadwal Retensi Arsip (JRA); (3) Klasifikasi Arsip; dan (4) Sistem Klasifikasi Keamanan dan Akses Arsip.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Muhammad Ihwan selaku ketua panitia dan narasumber didampingi Kadispeka Drs.H.A.Pahrum Pawi, M.T.P., Sekretaris Dispeka Drs. Bakhtiar dan dihadiri oleh pejabat pada lingkup Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bone.