Dirjen Pendis Kemenag Resmikan Gedung Kuliah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Bone

Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI Prof.Dr.Phil H.Kamaruddin,M.A. meresmikan gedung kuliah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Bone pada Kampus 2 IAIN) Bone, di Kelurahan Polewali, Kecamatan Tanete Riattang Barat, Kabupaten Bone, Selasa 22 Januari 2019.

Acara peresmian dirangkaikan seminar nasional mengusung tema “Peran Strategis IAIN Bone Sebagai Pusat Kajian Islam Bugis Dalam Mewujudkan Islam Wasathiyah” di Hotel Novena Watampone.

Rektor IAIN Bone Prof.Dr.A.Nuzul,S.H., M.Hum. dalam sambutannya, mengucapkan rasa syukur dan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat dalam proses pembangunan Kampus II dengan menggunakan dana SBSN Tahun 2018 utamanya gedung yang diresmikan pada hari ini.
Ia mengatakan, bahwa pembangunan gedung ini selesai tepat waktu sesuai dengan kontrak yang telah ada.

Ada dua peran Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dalam hal ini, sebagai lembaga akademik yang menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan sebagai lembaga dakwah Islam yang menjadi garda terdepan dalam menyuarakan perdamaian, cinta kasih,toleransi dan nilai-nilai kemanusiaan.

Sementara Wakil Bupati Bone Drs.H.Ambo Dalle,M.M. mewakili Bapak Bupati yang sedang melaksanakan Ibadah Umroh, mengatakan hari ini moment bersejarah di mana diresmikannya Gedung Kuliah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Bone dan Kantor Balai Nikah oleh Bapak Menteri agama RI yang diwakili oleh Dirjen Pendis Kemenag RI.

“Selamat datang kembali ke kampung halamannya, karena pak dirjen merupakan orang Bone Asli” kata Wakil Bupati Bone.

Lanjut Wabup Bone, IAIN Bone berbeda dengan yang lain, karena Pembangunan Kampus IAIN mendapatkan bantuan Dana 50 M /Tahun. Kampus II IAIN Bone memiliki luas 34 Ha dan Kampus I dengan luas 8 Ha. Beliau pun berpesan agar lima tahun kedepan IAIN Bone harus berubah jadi Universitas.

Wabup berharap, langkah untuk meningkatkan dunia pendidikan mendapat respon dan dukungan masyarakat, sebab tanggung jawab pendidikan bukan hanya terletak pada pemerintah, melainkan tanggungung jawab kita bersama dengan peningkatan dalam kualitas pendidika, kita mampu mewujudkan sumber daya manusia yang memiliki ketrampilan serta lebih berkualitas.

Ditempat yang sama, Dirjen pendidikan Islam RI Prof.DR.Phil H.Kamaruddin,M.A. membacakan sambutan Menteri Agama RI, berharap agar sumber daya manusia disiapkan untuk menyambut zaman destruksi, karena ada zaman yang tidak bisa diambil alih oleh teknologi, yaitu pemikiran manusia, dan di zaman revolusi industri ini semoga lulusan perguruan tinggi harus siap menghadapinya dengan penyesuaian yang terjadi sekarang ini.

Lanjutnya, Kehadira IAIN Bone, harus secara ril berkontribusi terhadap pembangunan di daerah mengadvokasi masyarakat dalam memberikan pengabdianya kepada masyarakat dalam mencerdaskan anak bangsa, sehingga perguruan tinggi bisa terkoneksi dengan masyarakat.

“olehnya itu, diharapkan kepada pemerintah dan masyarakat untuk bersama-sama berpartisipasi, bersinergi untuk membangun perguruan tinggi kita, sehingga dengan terbangunya perguruan tinggi IAIN 2 Bone ini untuk mewujudkan pendidikan tinggi Islam yang bermutu dalam kualitas” tutupnya.

Kegiatan ini dihadiri unsur Forkopimda Bone, Pimpinan OPD Pemda Bone, seluruh civitas akademika IAIN Bone serta dihadiri pula oleh Kepala Kantor Kemenag Kab. Bone beserta jajarannya, dan tamu lainnya.