Kadispeka Menghadiri Rakornas Terkait Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

Dispeka,- Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bone Drs. H. A. Pahrum Pawi, M.T.P menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Perpustakaan di Hotel Bidakarya Grand Pancoran, Jakarta Selatan. Rabu 13-16 Mare 2019.

Perpustakaan memiliki peran penting dalam upaya mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas, mandiri dan berdaya saing diera global. Salah satu peran penting tersebut ialah membangun ekosistem masyarakat berpengetahuan.

Oleh Karena itu, dalam mewujudkan ekosistem masyarakat yang berpengetahuan, Perpustakaan mengusung rencana strategis penguatan gerak literasi. Gerakan literasi yang dinyalakan oleh Perpustakaan pada prinsipnya merupakan ikhtiar kolektif kemasyarakatan.

Tujuan gerakan kolektif kemasyarakatan ini ialah menghidupkan terus tradisi dan budaya baca di masyarakat secara sistematik.

Melalui forum Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Perpustakaan, maka dibangun visi bersama, komitmen dan ruang berbagi pengalaman antarpelaku pembangunan Perpustakaan dan pegiat literasi di pusat dan daerah.

Rakornas yang diikuti 2.500 orang peserta yang mewakili kalangan pemerintah, swasta dan masyarakat yang berkecimpung dalam pembangunan perpustakaan dan literasi di seluruh Indonesia.

Rakornas yang dibuka langsung oleh Menteri Dalam Negeri dan diisi dengan berbagai materi melalui sesi pleno kebijakan, sesi praktisi, sesi paralel, sesi diskusi kelompok terumpun dan sesi desk konsultasi.