Pekan Perpustakaan Tahun 2019 !!! Dispeka Membawa Produk Lokal Andalan

Dispeka, Senin 14/10/19,- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab.Bone mengikuti acara Pekan Perpustakaan yang diadakan setiap tahunnya oleh Dinas Perpustakaan Provinsi di halaman Gedung Perpustakaan Provinsi .

Semua Perpustakaan Kabupaten berkumpul pada satu lokasi untuk memeriahkan kegiatan tersebut, tak mau ketinggalan semua jenis perpustakaan baik dari kampus maupun masyarakat turut andil dalam kegiatan, begitu pula dengan para penerbit.

“Dengan Transformasi Perpustakaan Sulsel Unggul” menjadi tema pada kegiatan tersebut. Dengan menarik minat para pengunjung,Perpustakaan Provinsi menggelar Pekan Perpustakaan dengan mengandalkan produk-produk lokal dari beberapa kabupaten.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab.Bone muncul dengan produk lokal andalan yakni “Songkok To Bone (Songkok Recca’)” yang menurut sejarah, muncul dimasa terjadinya perang antara Bone dengan Tator tahun 1683. Pasukan Bone pada waktu itu menggunakan songkok recca’ sebagai tanda untuk membedakan dengan pasukan Tator.

Di Kabupaten Bone Songkok Recca/Songkok To Bone diproduksi di Desa Paccing Kecamatan Awangpone. Di daerah tersebut terdapat terdapat komunitas masyarakat secara turun temurun menafkahi keluarganya dari hasil prosese mengayam pelepah daun lontar ini yang disibut Songkok Recca atau Songkok To Bone.

Tapi dengan transformasi perpustakaan yang berbasis inklusi sosial yang dilakukan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab.Bone melakukan suatu kegiatan bagaimana cara menganyam Songkok Recca’ agar kiranya masyarakat dapat mengaplikasikannya dan membuat suatu peluang usaha dengan cara menjual hasil anyaman mereka. (rzp)